Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lomba Karya Tulis Ilmiah Berhadiah Ratusan Juta oleh Bank Indonesia

Lomba Karya Tulis Ilmiah Berhadiah Uang Tunai Total Ratusan Juta oleh Bank Indonesia

Hai, sobat Lombanesia!
Sebelumnya kami telah membagikan info Lomba Karya Tulis Ilmiah Prodi Geografi FKIP Universitas Tadulako.
Kali ini kami hadir kembali dengan membagikan info lomba karya tulis ilmiah namun dengan tema dan penyelenggara yang berbeda.
Penasaran dengan informasi lombanya?
Yuk, simak sampai habis postingan ini!

Lomba Karya Tulis Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan oleh Bank Indonesia

Kekayaan intelektual di masyarakat, khususnya di kalangan akademisi dan peneliti, tentunya dapat bermanfaat bagi penelitian/riset di Bank Indonesia sangat potensial untuk mendukung peningkatan kredibilitas kebijakan Bank Indonesia. Keragaman latar belakang peneliti dan metodologi yang digunakan dapat menghasilkan perspektif yang berbeda dalam memandang isu di sistem keuangan. Perbedaan perspektif tersebut dapat menjadi inovasi bag asesmen dan perumusan kebijakan. Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan (LKISSK) di satu sisi bertujuan mendapatkan sudut pandang masyarakat terutama akademisi dan peneliti mengenai Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) untuk meningkatkan kredibilitas kebijakan. Di sisi lain, LKISSK memperkuat pemahaman akademisi tentang kondisi SSK dan kebijakan makroprudensial, memperkuat riset akademik, serta mendorong kontribusi akademisi dalam memberikan rekomendasi kebijakan. Untuk itu, Bank Indonesia kembali menyelenggarakan LKISSK 2021.

Dinamika SSK saat ini di tingkat domestik maupun global diwarnai dengan fenomena credit crunch yang terjadi sebagai dampak dari upaya memutus rantai penularan COVID-19 yang menghambat aktivitas perekonomian. Meskipun ketahanan sistem keuangan terjaga ditopang oleh tingginya permodalan likuiditas bank, terjadinya credit crunch disebabkan keengganan perbankan dalam menyalurkan kredit disebabkan persepsi risiko perbankan yang tinggi dan rendahnya permintaan kredit. Untuk itu, otoritas di sektor keuangan bersinergi merumuskan respons kebijakan untuk pemulihan ekonomi nasional. Upaya tersebut antara lain meliputi stance kebijakan Bank Indonesia yang akomodatif untuk mendorong kinerja intermediasi, mendorong kontribusi pembiayaan untuk pemulihan UMKM, serta digitalisasi. Untuk memperkuat berbagai bauran kebijakan baik di lingkup nasional maupun di lingkup Bank Indonesia, riset akademik diharapkan dapat memberikan inovasi dan rekomendasi kebijakan untuk memperkuat upaya otoritas dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, LKISSK 2021 mengangkat tema

“Inovasi Asesmen dan Kebijakan Dalam Rangka Mendorong Intermediasi Sektor Keuangan Guna Mengakselerasi Pemulihan Ekonomi".
Tema besar tersebut dirinci menjadi beberapa sub tema, yaitu:

i. Solusi mengatasi credit crunch
ii. Peran kebijakan sektoral dalam mendorong intermediasi dan pemulihan ekonomi
iii. Resiliensi dan inovasi UMKM sebagai penggerak pemulihan ekonomi
iv. Digitalisasi dan model bisnis baru untuk mendorong kinerja intermediasi
v. Inovasi dan prospek pembiayaan berwawasan lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) untuk
pembangunan berkelanjutan
vi. Inovasi pembiayaan Institusi Keuangan Non Bank untuk pemulihan ekonomi serta mitigasi risikonya

Ketentuan Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan oleh Bank Indonesia

1. Peserta terbuka untuk Warga Negara Indonesia (WNI), baik perorangan maupun kelompok,
KECUALI pegawai Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan,
Kementerian Keuangan serta finalis LKISSK 2020.
2. Peserta (perorangan maupun anggota kelompok) minimal sedang menjalani program Strata 1 (S1).
3. Naskah merupakan karya orisinil, bukan saduran/terjemahan dan merupakan hasil pemikiran penulis sendiri atau kelompok yang belum pernah dipublikasikan di media cetak dan media elektronik.
4. Judul naskah bebas sepanjang mengacu pada tema dan sub tema.
5. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
6. Naskah dikirimkan dalam bentuk PDF dan Ms. Word.
7. Peserta wajib melampirkan :

a. Formulir Registrasi dan Surat Pernyataan Keaslian Naskah sebagaimana terlampir.
b. CV (curriculum vitae) yang memuat sekurang-kurangnya biodata penulis, alamat, alamat
e-mail, nomor telepon, pekerjaan, lembagarinstitusi, dan nomor rekening bank.

8. Naskah disampaikan paling lambat 1 Oktober 2021 ke alamat e-mail Ikissk2021@gmail.com
9. Petunjuk Penulisan :

a. Tulisan dibatasi maksimum 25 halaman, 1 spasi, tipe huruf Times New Roman ukuran 12.
b. Setiap naskah harus disertai abstraksi, maksimal satu halaman ukuran A4. Untuk naskah yang ditulis dalam bahasa Indonesia, abstraksi ditulis dalam Bahasa Inggris dan sebaliknya.
c. Naskah harus disertai dengan kata kunci (Keyword) dan dua digit nomor Klasifikasi Journal of Economic Literature (EL). Klasifikasi JEL dapat dilihat pada http:/www.aeaweb.org/econlit/jelCodes.php?view-jel
d. Tulisan disimpan dalam bentuk Microsoft Word. Persamaan matematika dan simbol harap ditulis dengan mempergunakan Microsoft Eguation.
e. Penulisan Karya Ilmiah mengikuti garis besar sistematika sebagai berikut :

Il. Latar Belakang
II. Tujuan Penelitian
II Landasan Teoritis (Literature Review)
IV. Metodologi dan Data
V. Analisis
VI. Kesimpulan dan Rekomendasi Kebijakan
VII. Daftar Referensi

f. Penambahan judul bagian maupun sub bagian atas sistematika tersebut diatas dapat dilakukan. Adapun ketentuan penambahan sub bagian sebagai berikut :

I. Bagian

1. Sub Bagian
1.1.1. Sub Sub Bagian

g. Tabel, grafik maupun gambar diinsert di teks, bukan di lampiran.
h. Rujukan dibuat dalam Parenthetical Reference.

Contoh :

...Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2004 diperkirakan sebesar 4,2-4,7 persen (Bank Indonesia, 2004).
...Dalam model ekonometrinya, Cox dan Japelli (1993, hal.201) menggunakan variabel boneka-laten yang hanya dapat terobservasi jika permintaan kredit konsumsi adalah positif dan rumah tangga tidak memiliki kendala kredit.

i. Sistem referensi dibuat mengikuti aturan berikut :

a. Publikasi buku: John E. Hanke dan Arthur G. Reitsch. 1940. Business Forecasting.
New Jersey: Prentice Hall. hal. 330-332.
b. Artikel dalam jurnal: Duca, John V. dan Stuart S. Rosenthal. 1992. Borrewing Constraints, Household Debt, and Radial Discrimination in Loan Markets. Journal of Financial Intermediation, hal. 3, 77-103.
c. Artikel dalam buku yang diedit orang lain : Frankel, Jeffrey A. dan Rose, Andrew K. 1995. “Empirical Research on Nominal Exchange Rates”, dalam Gene Grossman dan Kenneth Rogoff, eds., Handbook of International! Economics. Amsterdam: North-Holland, hal. 1689-1729.
d. Kertas kerja (working paper): Kremer, Michael dan Daniel Chen. 2000. Income Distribution Dynamics with Endogenous Fertility. National Bureau of Economic Research (Cambridge, MA) Working Paper No. 7530.
e. Mimeo dan karya tak dipublikasikan: Magri, S. 2002. Italian households' debt : determinants of demand and supply. Mimeo. Rome: Bank of Italy.
f. Artikel dari situs WEB dan bentuk elektronik lainnya : Summers, Robert dan Alan W. Heston. 1997. Penn World Table, Version 5.6. http//owt.econ.unpenn.edw/
g. Artikel di Koran, majalah, dan periodicals sejenis: Begley, Sharon. April 12, 1993. “Killed by Kindness.” Newsweek, hal. 50-56.

j. Sebagai referensi standar penulisan publikasi ilmiah Bank Indonesia, peserta LKISSK dapat memperolehnya — melalui web Bank Indonesia pada — pranala https:/Awww.bi.go.id/id/publikasi/kajian/default.aspx? Kategori-working9620paper9620
bi&Periode

10. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center BICARA di nomor telepon 131 atau e-mail bicara@bi.go.id.

Penentuan Pemenang dan Penghargaan :

1. Bank Indonesia akan melakukan seleksi administratif atas :

a. Kelengkapan Dokumen yang dikirimkan
b. Kesesuaian Penulisan dengan Petunjuk Penulisan yang telah ditetapkan
c. Kesesuaian topik Karya Ilmiah dengan tema lomba yang telah ditetapkan

2. Dewan Juri terdiri dari tiga akademisi yang kompeten dalam penyusunan riset serta memiliki penguasaan terkait isu ekonomi khususnya SSK.
3. Penilaian dilakukan secara objektif terhadap kriteria penilaian LKISSK 2021 yang meliputi namun tidak terbatas pada lima komponen sebagai berikut :

a. Kesesuaian tema
b. Sistematika penulisan karya ilmiah
c. Metodologi riset yang digunakan
d. Penguasaan masalah dan kedalaman analisis
e. Rekomendasi kebijakan
f. Presentasi pada saat penjurian final

4. Penentuan Pemenang :

a. Berdasarkan penilaian, sebanyak lima orang finalis dengan nilai tertinggi akan diundang untuk melakukan presentasi di depan Dewan Juri.
b. Di akhir penjurian, Dewan Juri menetapkan urutan finalis berdasarkan nilai, sehingga dapat ditetapkan sebagai Juara Pertama, Juara Kedua, Juara Ketiga, Juara Harapan 1, dan Juara Harapan 2.
c. Keputusan Dewan Juri bersifat tetap, mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

5. Pada saat pengambilan keputusan pemenang oleh Dewan Juri, apabila terdapat beberapa karya ilmiah dengan kualitas yang sama, maka dimungkinkan terdapat lebih dari satu peserta yang mendapat gelar pemenang/juara yang sama (Contoh : dimungkinkan terdapat dua peserta yang menjadi Juara 2 tanpa ada Juara 1).
6. Pemenang LKISSK 2021 akan diumumkan melalui website Bank Indonesia. Pemenang juga akan diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya pada Seminar Riset yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
7. Hak cipta pemenang karya ilmiah tetap menjadi hak cipta penulis, namun Bank Indonesia berhak mempublikasikan dan menyimpan salinan karya ilmiah tersebut.

Hadiah Pemenang Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan oleh Bank Indonesia

20 Pemenang menerima hadiah berupa sertifikat dan uang tunai, masing-masing sebagai berikut :

Juara 1 : Rp 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah)
Juara 2 : Rp 30.000.000, - (tiga puluh juta rupiah)
Juara 3 : Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah)
Juara harapan 1 : Rp 10.000.000, - (sepuluh juta rupiah)
Juara harapan 2 : Rp 7.500.000, - (tujuh juta lima ratus ribu rupiah)
Tulisan Favorit : @ Rp 2.000.000,- (dua juta rupiah)

*) jumlah disesuaikan dengan hasil seleksi

**) dipotong pajak sesuai ketentuan berlaku, pajak ditanggung pemenang.

Posting Komentar untuk "Lomba Karya Tulis Ilmiah Berhadiah Ratusan Juta oleh Bank Indonesia"